TOP NEWS

Rabu, 10 Oktober 2012

Proses Terbentuknya Minyak dan Gas Bumi


PROSES TERBENTUKNYA MINYAK DAN GAS BUMI

BAB I
PENDAHULUAN

I.1.     Latar Belakang
Minyak bumi (Crude Oil) dan gas alam merupakan senyawa hidrokarbon. Rantai karbon yang menyusun minyak bumi dan gas alam memiliki jenis yang beragam dan tentunya dengan sifat dan karakteristik masing-masing. Sifat dan karakteristik dasar minyak bumi inilah yang menentukan perlakuan selanjutnya bagi minyak bumi itu sendiri pada pengolahannya. Hal ini juga akan mempengaruhi produk yang dihasilkan dari pengolahan minyak tersebut.
Pengetahuan tentang minyak bumi dan gas alam sangat penting untuk kita ketahui, mengingat minyak bumi dan gas alam adalah suatu sumber energi yang tidak dapat diperbaharui, sedangkan penggunaan sumber energi ini dalam kehidupan kita sehari-hari cakupannya sangat luas dan cukup memegang peranan penting atau menguasai hajat hidup orang banyak. Sebagai contoh minyak bumi dan gas alam digunakan sebagai sumber energi yang banyak digunakan untuk memasak, kendaraan bermotor, dan industri, kedua bahan bakar tersebut berasal dari pelapukan sisa-sisa organisme sehingga disebut bahan bakar fosil.
I.2.    Tujuan
Tujuan dari tugas ini adalah untuk mengetahui proses pembentukan Minyak dan Gas bumi agar kita dapat menerapkan pada kegiatan pertambangan.

BAB II
PEMBAHASAN

II.1.   Proses Pembentukan Minyak Bumi
Minyak bumi dijuluki juga sebagai emas hitam adalah cairan kental, coklat gelap, atau kehijauan yang mudah terbakar, yang berada di lapisan atas dari beberapa area di kerak bumi. Minyak bumi dan gas alam berasal dari jasad renik lautan, tumbuhan dan hewan yang mati sekitar 150 juta tahun yang lalu.
Minyak bumi yang ada secara alami ini dibuat oleh alam ini bahan dasarnya dari ganggang, fosil, biota-biota lain yang berupa daun-daunan juga dapat menjadi sumber minyak bumi. Tetapi ganggang merupakan biota terpenting dalam menghasilkan minyak. diketahui bahwa tumbuh-tumbuhan tingkat tinggi akan lebih banyak menghasilkan gas ketimbang menghasilkan minyak bumi. Hal ini disebabkan karena rangkaian karbonnya juga semakin kompleks.
Gambar 2.1
Fotosintesis Ganggang
Setelah ganggang-ganggang ini mati, maka akan teredapkan di dasar cekungan sedimen. Keberadaan ganggang ini bisa juga dilaut maupun di sebuah danau. Jadi ganggang ini bisa saja ganggang air tawar, maupun ganggang air laut. Tentu saja batuan yang mengandung karbon ini bisa batuan hasil pengendapan di danau, di delta, maupun di dasar laut. Batuan yang mengandung banyak karbonnya ini yang disebut Source Rock (batuan Induk) yang kaya mengandung unsur Carbon (high TOC-Total Organic Carbon).
Proses pembentukan carbon dari ganggang menjadi batuan induk ini sangat spesifik. Itulah sebabnya tidak semua cekungan sedimen akan mengandung minyak atau gasbumi. Kalau saja carbon ini teroksidasi maka akan terurai dan bahkan menjadi rantai carbon yang tidak mungkin dimasak.

Gambar 2.2
Proses Pembentukan Source Rock


Proses pengendapan batuan ini berlangsung terus menerus. Kalau saja daerah ini terus tenggelam dan terus ditumpuki oleh batuan-batuan lain diatasnya, maka batuan yang mengandung karbon ini akan terpanaskan.
Ketika proses penimbunan ini berlangsung tentu saja banyak jenis batuan yang menimbunnya. Salah satu batuan yang nantinya akan menjadi batuan reservoir atau batuan sarang. Pada prinsipnya segala jenis batuan dapat menjadi batuan sarang, yang penting ada ruang pori-pori didalamnya. Batuan sarang ini dapat berupa batupasir, batugamping bahkan batuan volkanik.

Gambar 2.3
Proses Pemasakan Pada Source Rock

Minyak yang dihasilkan oleh batuan induk yang termatangkan ini tentu saja berupa minyak mentah. Walaupun berupa cairan, minyakbumi yang mentah ciri fisiknya berbeda dengan air. Dalam hal ini sifat fisik yang terpenting yaitu berat-jenis dan kekentalan. walaupun kekentalannya lebih tinggi dari air, namun berat jenis minyak bumi ini lebih kecil dari air sehingga minyak bergerak ke atas, migrasi minyak ini juga bisa terjadi karena akibat pergeseran lempeng, rekahan – rekahan pada batuan.


Ketika minyak tertahan oleh sebuah batuan impermeable (Batuan yang tidak bisa dilewati cairan) yang biasanya berbentuk mangkok, maka minyak ini akan tertangkap atau lebih sering disebut terperangkap dalam sebuah jebakan (trap).



Gambar 2.4
Diagram trasformasi minyak dan gas bumi

dalam gambar diatas ini terlihat bahwa minyak terbentuk pada suhu antara 50-180 derajat Celsius. Tetapi puncak atau kematangan terbagus akan tercapai bila suhunya mencapai 100 derajat Celsius. Ketika suhu terus bertambah karena cekungan itu semakin turun dalam yang juga diikuti penambahan batuan penimbun, maka suhu tinggi ini akan memasak karbon yang ada menjadi gas.



II.2.   Komposisi Minyak dan Gas bumi
Komposisi minyak bumi dikelompokkan ke dalam empat kelompok, yaitu:
Hidrokarbon Jenuh (alkana)
  • Dikenal dengan alkana atau parafin
  • Keberadaan rantai lurus sebagai komponen utama (terbanyak), sedangkan rantai bercabang lebih sedikit
  • Senyawa penyusun diantaranya:
1.              Metana CH4
2.              etana CH3 CH3
3.              propana CH3 CH2 CH3
4.              butana CH3 (CH2)2 CH3
5.              n-heptana CH3 (CH2)5 CH3
6.              iso oktana CH3 – C(CH3)2 CH2 CH (CH3)2

Hidrokarbon Tak Jenuh (alkena)
  • Dikenal dengan alkena
  • Keberadaannya hanya sedikit
  • Senyawa penyusunnya:
1.         Etena, CH2 CH2
2.         Propena, CH2 CH CH3
3.         Butena, CH2 CH CH2 CH3

Hidrokarbon Jenuh berantai siklik (sikloalkana)
  • Dikenal dengan sikloalkana atau naftena
  • Keberadaannya lebih sedikit dibanding alkana
  • Senyawa penyusunnya :

1.       Siklopropana.
2.       Siklobutana
3.       Siklopentana
4.       Siklophexana

Hidrokarbon aromatik
  • Dikenal sebagai seri aromatik
  • Keberadaannya sebagai komponen yang kecil/sedikit
  • Senyawa penyusunannya:
1.              Naftalena
2.              Antresena
3.              Benzena
4.              Toluena
Senyawa Lain
·         Keberadaannya sangat sedikit sekali
·         Senyawa yang mungkin ada dalam minyak bumi adalah belerang, nitrogen, oksigen dan organo logam (kecil sekali)






II.3.   Mengetahui Keberadaan Minyak dan Gas Bumi
Keberadaan Minyak dan Gas Bumi di Bumi ini bisa diketahui dengan teknologi canggih zaman ini. Salah satu cara untuk mengetahui keberadaan minyak dan gas bumi dapat menggunakan metode geofisika. Metoda geofisika merupakan salah satu metoda yang umum digunakan dalam eksplorasi endapan bahan galian. Metoda ini tergolong kepada metoda tidak langsung, dan sering digunakan pada tahapan eksplorasi pendahuluan (reconnaissance), mendahului kegiatan-kegiatan eksplorasi intensif lainnya. Salah satu metode geofisika yang umum digunakan untuk pencarian fluida di bawah tanah adalah metode seismik.
Metode seismik digunakan untuk membaca gelombang elastik yang dihasilkan oleh getaran yang merambat dalam suatu medium di bawah permukaan bumi, dimana sumber getar tersebut dapat dihasilkan dari alam atau buatan. Sumber getaran yang dihasilkan dari alam merupakan hasil dari perubahan di bawah permukaan bumi (gempa bumi) yang berasal dari aktivitas vulkanik, aktivitas runtuhan tanah, dan aktivitas tektonik, menghasilkan gelombang seismik yang merambat dalam medium tersebut dan dicatat oleh peralatan di permukaan bumi. Peralatan seismik ini digunakan untuk memantau aktivitas-aktivitas perubahan di bawah permukaan bumi.
Disisi lain, sumber getaran buatan yang diberikan dengan sengaja di sekitar permukaan bumi untuk memberikan suatu gangguan yang menimbulkan gelombang seismik (elastik) yang merambat ke segala arah dan dideteksi oleh geophone pada suatu jarak tertentu dari sumber getarannya. Kemudian dengan mengukur waktu rambatnya, maka kecepatan perambatan gelombang pada setiap media di bawah permukaan bumi dapat diketahui, tergantung dari media penjalarannya. Metoda seismik ini secara umum terbagi menjadi metoda Seismik Reflaksi yang dilakukan dalam penyelidikan dangkal (teknik sipil dan penelitian geologi kuarter), dan Seismik Refleksi yang dilakukan dalam penyelidikan dalam (eksplorasi minyak bumi, pertambangan, dan geologi dalam).

Pada umumnya metode seismik refleksi terbagi atas tiga tahapan utama, yaitu:
1. Pengumpulan data seismik (akuisisi data seismik): semua kegiatan yang berkaitan dengan pengumpulan data sejak survey pendahuluan dengan survey detail.
2. Pengolahan data seismik (processing data seismik): kegiatan untuk mengolah data rekaman di lapangan (raw data) dan diubah ke bentuk penampang seismik migrasi.
3. Interpretasi data seismik: kegiatan yang dimulai dengan penelusuran horison, pembacaan waktu, dan plotting pada penampang seismik yang hasilnya disajikan atau dipetakan pada peta dasar yang berguna untuk mengetahui struktur atau model geologi bawah permukaan.

Gambar 2.5
Metode seismik

BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN



III.1.    Kesimpulan

1.    Minyak dan gas bumi terbentuk dari organisme-organisme yang telah mati dan terendapkan di dalam tanah selama jutaan tahun.
2.   Komposisi Minyak dan Gas bumi terdiri dari beberapa senyawa kimia berupa hidrokarbon jenuh, hidrokarbon tak jenuh,hidrokarbon aromatik,hidrokarbon berantai siklik, dan senyawa lain nya.
3.  teknologi untuk mengetahui keberadaan minyak dan gas bumi salah satu nya dapat berupa eksprolarasi geofisika yaitu metode seismik.

III.2.   Saran
                        Adapun saran yang disampaikan oleh penulis yaitu semoga apa yang telah kita pelajari pada pelajaran pengantar teknologi dan minyak gas ini dapat kita terapkan dengan kemampuan kita masing-masing.

Sumber : maaf lupa link webnya ._.

1 komentar:

  1. Do you realize there's a 12 word phrase you can say to your man... that will induce intense feelings of love and impulsive attractiveness to you buried inside his heart?

    Because deep inside these 12 words is a "secret signal" that triggers a man's impulse to love, adore and protect you with his entire heart...

    12 Words Who Trigger A Man's Desire Instinct

    This impulse is so hardwired into a man's brain that it will drive him to work harder than ever before to make your relationship the best part of both of your lives.

    As a matter of fact, triggering this dominant impulse is so mandatory to getting the best ever relationship with your man that the moment you send your man one of these "Secret Signals"...

    ...You will soon find him expose his mind and heart to you in a way he never experienced before and he will distinguish you as the one and only woman in the universe who has ever truly fascinated him.

    BalasHapus